Total Pageviews

Thursday, February 9, 2012

KABAR-KABARI SETELAH PAMERAN FGD 2009 BERLANGSUNG

Dipenghujung bulan juli dan awal agustus 2009 kita disuguhi pameran akbar oleh FGD (Forum Grafika Digital) yang begitu megah dan keren. Dari sini peserta dan penataan ruangan sungguh mencerminkan salah satu pameran akbar yang wajib kita ikuti agar kita dapat terus mengikuti perkembangan dunia digital.
Sekilas saya ingin menceritakan tentang pengalaman di FGD expo, pertama kali saya tahu FGD adalah 2007, pada tahun itu saya mewakili RONIta untuk datang dan melihat-lihat karena memang saat itu RONIta belum mampu untuk membeli mesin-mesin digital yang canggih. Disana saya hanya terkagum-kagum dengan mesin digital yang canggih-canggih mulai dari printer laser format besar sampai printer yang mampu mencetak di kayu. Pada saat itu perhatian saya hanya terfokus kepada mesin large format ukuran 3,2m dan mesin HP Indigo yang sampai sekarang saja belum mampu kita beli (semoga next time kita bisa membeli mesin tersebut…amin..he he).
Nah di FGD 2009 ini saya sudah bersiap-siap untuk melihat semuanya..saya ingin cari informasi semua..tapi tetap saya batasi yang hanya berhubungan dengan cetak digital saja…untuk alat-alat offset saya tidak terlalu fokus karena kita belum ada arah kesana..Tanggal 30 juli saya berangkat dari rumah jam 8 pagi ke pameran, saya harus datang pagi-pagi karena saya harus menaruh sampel produk dan brosur di standnya ROLAND and MUTOH…sesampainya disana ternyata pameran baru akan dimulai…dan ketika jam menunjukkan pukul 10 pameran resmi dibuka…masih sepi…tapi kesempatan itu saya gunakan untuk melihat-lihat dan ngobrol dengan peserta pamaeran…ada beberapa hal menarik yang ingin saya ceritakan disini :
PRINT DI ATAS KAIN
Di pameran FGD 2009 ini ada beberapa vendor yang menawarkan printer dengan kemampuan cetak langsung di atas kain. Proses print di atas kain ini menggunakan printer berbasis tinta dye yaitu sublimation inks, caranya kain di print langsung menggunakan mesin MUTOH atau EPSON (kebanyakan menggunakan MUTOH karena secara cost produksi lebih murah dan lebih  kuat mesinnya) kemudian kain tersebut dilewatkan ke dalam heater dengan suhu tertentu (sekitar 170derajat) dan gambar akan tercetak diatas kain secara sempurna. Hasil cetakan menyatu dengan kain dan warnanya tidak luntur terkena air ataupun sinar UV.
Aplikasi dari print seperti ini kebanyakan untuk bendera, spanduk, umbul-umbul yang biasanya banyak dibutuhkan oleh pihak mall-mall atau toko-toko besar seperti Carefour, Matahari, Ramayana, dll untuk membuat POP atau display produk. Print di atas kain mempunyai kelebihan lebih lentur, ringan dan mudah untuk disimpan ketika nanti mau dipakai lagi.
PRINT DI ATAS BAHAN KREATIF
Di stand MUTOH saya melihat ada yang unik, dengan menggunakan mesin Valuejet 1618, mereka mencetak secara langsung di bahan kulit sintetis yang biasa dipakai untuk jok mobil, jok motor, tas, sepatu ataupun label produk jeans, jaket, dll.
Proses cetaknya juga cukup simple, kita tinggal cetak dan potong sesuai polanya. Untuk memotong sesuai pola dalam jumlah banyak dan rapi anda bisa menggunakan mesin Graphtec FC8000 yang mampu melakukan potong putus. Tidak diperlukan bahan coating untuk memperkuat hasil cetakan di atas kulit sintetis tersebut karena hasil cetakan sudah cukup kuat dari goresan maupun air. Yang mengejutkan lagi, mesin ini tidak menggunakan tinta UV yang harganya relatif mahal..tapi dia hanya menggunakan tinta ECOSOLVENT grade A atau kualitas A. Informasi yang saya dapat harga tinta ini sekitar 1jt/liter tapi dengan mesin MUTOH yang terkenal irit (hanya 5cc/m2) maka kita hanya membutuhkan biaya 5000/m2. Wah keren ya….
Disini saya berpikir ternyata mesin cetak tidak melulu harus cetak spanduk…selama ini kebanyakan orang ketika yang dipikirkan ketika membeli mesin large format adalah kemampuannya mencetak spanduk di bahan flexi atau frontlite atau MMT..selalu yang ditanyakan bisa kah saya jual spanduk di harga 20rb/m2….padahal jika kita cermati dari 2 hal di atas…kita bisa menjual jauh lebih mahal daripada harga spanduk karena kita mampu membuat produk-produk kreatif dari mesin-mesin tersebut…
Sekian dulu deh ulasan dari FGD Expo 2009…ada banyak hal lain yg belum saya ceritakan tapi nanti saja…karena saya mau santai dulu hari ini…selamat berkreatif ria dan sukses bagi anda semua…

No comments:

Post a Comment